info kesehatan

5 Posisi untuk Ibu Hamil agar Meringankan Nyeri Kontraksi

Rasa sakit dan juga nyeri kontraksi pastinya akan menjadi hal yang harus dihadapi setiap wanita yang hamil. Meski begitu, tentu ada baiknya bagi setiap wanita mengetahui bagaimana cara untuk meringankan rasa sakit dan juga nyeri ini. Nyatanya hal ini bisa dilakukan dengan mencari maupun mengubah posisi yang tepat untuk ibu hamil. Seperti 5 posisi berikut ini.

1. Posisi Jongkok untuk Ibu Hamil

Posisi pertama yang bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah dengan melakukan posisi jongkok seperti ini. Tentunya untuk bisa nyaman melalukannya maka Anda bisa menggunakan pakaian yang nyaman. Mulai dari hanya menggunakan bra maupun tidak menggunakan pakaian dalam. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat Anda lebih nyaman dalam melakukannya.

Untuk itu, penting sekali dalam menjaga privasi ketika melakukan posisi ini yaitu dengan melakukannya di kamar maupun di kamar mandi. Tentu dengan pengawasan dari pasangan Anda. Diketahui bahwa posisi jongkok ini dapat meringankan rasa sakit maupun rasa nyeri yang dialami oleh ibu hamil ketika proses persalinan sudah semakin dekat di depan mata.

2. Posisi Intuitif untuk Ibu Hamil

Mungkin masih banyak ibu hamil di luar sana yang asing dengan posisi satu ini. Posisi intuitif sendiri merupakan posisi mengangkat satu kaki, bagian atas sedikit dimajukan dan bagian tangan mencari pegangan. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa ketika seorang wanita hamil sedang melakukan posisi ini maka disarankan untuk mengejan terlalu hebat karena akan membahayakan.

3. Posisi Duduk di Atas Gym Ball

Nyatanya gym ball juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan rasa sakit maupun rasa nyeri menjelang proses melahirkan. Caranya adalah dengan wanita yang sedang hamil melakukan posisi duduk dia tas gym ball tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengikuti gerakan natural dari tubuh untuk bisa mengimbangi rasa sakit maupun rasa nyeri yang sedang dirasakan tersebut.

4. Posisi Bersimpuh untuk Ibu Hamil

Posisi berikutnya yang diketahui dapat meringankan rasa sakit maupun nyeri ketika kontraksi adalah posisi bersimpuh. Hanya saja pastikan ketika sedang bersimpuh maka harus berhati-hati ketika melakukannya. Selain itu, pastikan juga ketika sedang melakukan posisi bersimpuh ini maka atur napas dengan sebaik-baiknya dan juga jangan terburu dalam melakukannya.

5. Lakukan Posisi Mandi Biasa dengan Air Hangat

Terakhir adalah dengan melakukan mandi biasa tapi menggunakan air hangat. Bukan tanpa alasan karena air hangat ini diketahui dapat meringankan gejala nyeri maupun rasa sakit yang dialami ketika mendekati kelahiran. Hal tersebut tidak lepas karena air hangat ini dapat meringankan otot-otot yang menegang karena proses kelahiran yang sudah mendekat.

Dengan mengetahui semua hal di atas pastinya Anda sudah tidak perlu mengalami takut berlebihan akan kontraksi pada masa kehamilan. Terutama karena Anda tahu cara untuk meringankan rasa sakit dan juga nyerinya. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan Orami Magazine guna mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *